5 Tips Membeli Rumah Untuk Pasangan Muda

Post a Comment
tips membeli rumah untuk pasangan muda

Mungkinkah membeli rumah di usia yang masih muda? Setiap pasangan pasti memiliki tujuan keuangan masing-masing. 

Dan diantara tujuan keuangan tersebut  memiliki rumah biasanya menjadi salah satu impian yang ingin segera dicapai. Khususnya bagi pasangan yang sudah menikah.

Namun masih banyak orang yang ingin memiliki tempat tinggal tapi bingung harus mulai darimana. Karena membeli rumah bukanlah perkara mudah.

Sebelum membeli rumah ada banyak hal yang harus dipertimbangkan mulai dari lokasi, kondisi, harga dan masih banyak lagi.


Yuk Simak 5 tips Membeli Rumah untuk Pasangan Muda berikut ini :

1. Jadikan Prioritas

Kita bisa memilih apakah akan membeli rumah atau membangun rumah. Yang pasti membeli dan membangun rumah membutuhkan komitmen yang sangat tinggi.

Pastikan tujuan keuangan ini yang diinginkan bersama pasangan. Tak dimungkiri selalu ada saja godaan untuk menggunakan penghasilan untuk kebutuhan lain seperti liburan, ganti mobil, ganti gadget baru dan lain sebagainya.


2. Siapkan Dana Pembelian Rumah

Setiap orang pasti memiliki kebutuhan ideal akan rumah. Namun sebaiknya sesuaikan rumah dengan kemampuan finansial kita. 

Apabila memiliki uang cash dan sudah menemukan rumah yang cocok sesuai kebutuhan sebaiknya ambil keputusan untuk segera membeli rumah tersebut. 

Faktanya harga rumah akan naik terus, usia akan terus bertambah, dan lahan perumahan pun akan terus berkurang. 

Dan kalo memutuskan untuk mencicil, segeralah mulai menabung dengan disiplin dan cerdas agar uang DP (down payment) bisa segera terkumpul.


3. Atur Budget Bulanan

Selama mencicil rumah melalui fasilitas KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dari bank, perlu diingat bahwa secara otomatis cashflow bulanan kita akan berubah. Pastikan jumlah cicilan pinjaman KPR maksimal 30% dari total pemasukan. 

Jika lebih dapat dipastikan kamu sebenarnya belum mampu beli atau bangun rumah tinggal tersebut.

Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Niat hati ingin mencapai tujuan keuangan tapi di lain sisi kebutuhan kita yang lain menjadi terganggu.

Salah satu hal yang bisa kita coba terapkan untuk mengurangi pengeluaran yaitu mulailah  berhemat. Dengan lebih sering masak dan makan di rumah (jarang makan di restoran), tidak membeli kopi di kedai minuman ternama dan mengurangi frekuensi jalan-jalan ke mal.


4. Bertahanlah

Biasanya proses cicilan KPR memakan waktu mulai dari 5 tahun, 10 tahun hingga 15 tahun. Tergantung dari besaran cicilan yang kita bayar setiap bulan. 

Selama proses mencicil tersebut, pasti banyak godaan yang datang dari lingkungan sekitar. Seperti munculnya keinginan untuk berlibur baik dari diri sendiri atau adanya ajakan dari teman. 

Karena bagi kaum milenial menikmati hidup dan traveling untuk mendapatkan pengalaman baru masih menjadi prioritas mereka.

Namun bersabarlah, ingatlah untuk tetap fokus pada tujuan dan bertahan sampai akhirnya rumah impian menjadi milikmu.


5. Fokus Pelunasan Semampunya

Miliki strategi agar cicilan KPR mu bisa segera lunas. Apabila ada rejeki tambahan, uang tersebut bisa kamu gunakan untuk bayar pokok pinjaman lebih besar dengan tujuan cicilan bulanan turun sehingga sisa cashflow bisa untuk investasi,

Biasanya setiap tahun seorang pekerja mendapatkan bonus atau kenaikan gaji. Nah uang tersebut bisa dialokasikan untuk memperbesar cicilan.

Setiap beberapa tahun sekali kita bisa minta bank untuk memperbesar cicilan. Mungkin bisa juga tidak setiap tahunnya, misalnya per 3 atau 5 tahun sehingga jangka waktu bisa turun.




Related Posts

Post a Comment