7 Kebiasaan Kecil yang Bisa Membuat Hidup Jadi Lebih Baik

Post a Comment
kebiasaan baik

Tak dimungkiri banyak orang yang ingin hidupnya jadi lebih baik. Mengutip dari sebuah buku berjudul Atomic Habit karya James Clear, untuk bisa hidup lebih baik seseorang tidak perlu melakukan hal yang besar.

Seperti resign kerja, pindah ke luar kota, liburan ke luar negeri dan sebagainya.

Tetapi mulailah dari melakukan kebiasaan kecil yang tujuannya mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik. 


Mulailah dari Kebiasaan Kecil dan Lakukan Setiap Hari

Berikut ini 7 kebiasaan sehari-hari yang bisa memberikan hasil luar biasa apabila kamu lakukan secara rutin :

1. Bangun lebih pagi

Setiap orang biasanya memiliki jam bangun yang sama setiap hari. Karena manusia memiliki ritme sirkadian dimana tubuh bekerja menanggapi perubahan cahaya terang dan gelap. 

Namun cobalah untuk bangun tidur satu jam atau setengah jam lebih pagi. Percayalah dengan bangun lebih pagi banyak sekali hal-hal positif yang bisa kita lakukan dan terbukti bisa membuat kita lebih tenang dalam menjalani hidup.

Misal : menghirup udara pagi hari yang masih segar, melakukan ritual ibadah dengan lebih khusyu, menikmati secangkir minuman favorit, melakukan olahraga ringan atau bahkan membaca buku.

Ya biasanya setiap bangun tidur kita terbiasa untuk langsung melakukan aktivitas sehari-hari yang berbentuk rutinitas seperti memasak, bekerja atau beres-beres rumah.

Namun dengan bangun tidur lebih pagi kita bisa memiliki me time sebagai bagian dari self care.


2. Minum air putih hangat setelah bangun tidur

Salah satu kebiasaan kecil yang memiliki manfaat penting bagi tubuh tapi kerap dilupakan yaitu minum air putih hangat setelah bangun tidur. Karena biasanya kita cenderung mengkonsumsi minuman berwarna yang mengandung rasa seperti kopi atau the manis.

Ketahui bahwa minum air putih hangat di pagi hari setelah bangun tidur memiliki banyak manfaat seperti membersihkan saluran pencernaan dari racun, mengatasi sembelit, meningkatkan sirkulasi darah, menurunkan berat badan hingga mencegah penuaan dini.


3. Makan di rumah

Ada kalanya kita ingin makan diluar bersama teman atau keluarga. Sekadar berkunjung ke restoran baru atau menikmati menu favorit.  Apabila dilakukan sesekali memang tak ada salahnya. Tapi apabila dilakukan cukup sering hingga setiap minggu. Hal tersebut bisa membuat kantong jebol. Dan tak hanya itu kesehatan kita pun menjadi terancam.

Maka sebaiknya kurangi kebiasaan makan diluar dan biasakan untuk makan di rumah saja.  Selain jauh lebih hemat, dengan makan di rumah dan masak sendiri kesehatan kita pun akan lebih terjaga karena kita yang memilih dan menentukan bahan makanan yang akan kita olah. 

Mulai dari mencuci bahan makanan hingga memilih jenis bumbu masakan yang kita gunakan. Faktanya banyak sekali makanan yang disajikan di restoran yang diberi penyedap rasa dan zat tambahan lainnya yang tidak kita ketahui.


4. Membuat meal planning

Membuat meal planning berfungsi agar kegiatan memasak menjadi lebih mudah tanpa harus bingung memikirkan besok masak apa. Ada baiknya kita membuat meal planning.

Meal planning adalah perencanaan menu makan baik keluarga atau pribadi dalam jangka waktu tertentu yang terdiri dari sarapan, makan siang, snack, dan makan malam. 

Meal plan umumnya dilakukan dengan merencanakan atau menyiapkan makanan apa yang harus dikonsumsi selama 3 hari maupun 7 hari ke depan.


5. Menulis daftar barang belanjaan

Selain quotes “Belanjalah dalam kondisi perut kenyang”. Agar terhindar dari kalap berbelanja. Lakukanlah kebiasaan untuk menulis daftar barang apa saja yang kita butuhkan dan akan kita beli.

Dengan disiplin dan mengacu pada daftar belanja yang sudah dibuat kita akan terhindar dari belanja barang yang tidak kita perlukan. Yang berujung pada menumpuknya bahan makanan di rumah hingga kadaluarsa.


6. Jangan pergi tidur sebelum selesai cuci piring

Kegiatan mencuci piring identik dengan pekerjaan seorang ibu rumah tangga. Dan percayalah ketika melihat tempat cuci piring dalam keadaan kosong di pagi hari bisa membuat hati kita jauh lebih tenang. Dan siap untuk beraktivitas dengan mood yang baik.


7. Membuat list untuk semua aktivitas yang akan kita kerjakan

Dalam beraktivitas sehari-hari banyak sekali hal yang kita lakukan.Dan terkadang kita lupa apa saja yang harus kita kerjakan dan harus mulai darimana.

Ada baiknya biasakan untuk membuat list setiap kegiatan yang akan kita kerjakan setiap hari.

Setelah satu aktivitas selesai dikerjakan jangan lupa segera tandai. Dan apabila ada kegiatan yang tertunda dan belum sempat kita kerjakan, to do list tersebut bisa kita tulis ulang untuk dikerjakan di hari berikutnya. Dan ingatlah untuk menulis daftar sesuai urutan prioritas.



Related Posts

Post a Comment