7 Tips Belajar SEO Untuk Pemula

Post a Comment
belajar seo untuk blogger pemula

Istilah digital marketing sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 1990-an, dan mulai berkembang  sekitar 10 tahun kemudian. 

Di awal tahun 2000an beragam layanan online pun hadir dan dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang ada di dunia.

Seiring dengan munculnya teknologi digital tersebut perlahan kebiasaan masyarakat mulai berubah. 

Mereka mulai memanfaatkan dan mengandalkan internet untuk mencari informasi yang mereka butuhkan termasuk ketika akan mencari atau membeli sebuah produk.

Dan sejak tiga tahun terakhir dunia digital marketing semakin berkembang dengan pesat. 

Tak heran banyak orang yang tertarik untuk mempelajari ilmu SEO (Search Engine Optimization) sebagai bagian dari persaingan dan menyesuaikan dengan situasi saat ini yang go digital.

Secara garis besar  SEO merupakan solusi untuk mengoptimalkan halaman website agar mendapatkan peringkat di halaman hasil pencarian Google Search Engine


Ingin Belajar SEO tapi Ga Tahu Harus Mulai Dari Mana

Untuk belajar SEO kita bisa belajar secara otodidak dari internet, ikut kursus SEO gratis hingga ikut kursus SEO berbayar yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Wow.

Ya ilmu tentang optimasi web memiliki peran yang sangat penting dalam dunia digital marketing karena website yang berada di posisi teratas akan mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak dan berkualitas secara gratis.

Dan sebelum berkenalan lebih jauh dengan ilmu SEO berikut ini tiga langkah pertama dalam SEO yang harus pemilik web/blog lakukan, yaitu :

1. Memasang GA (Google Analytics) di website / blog

2. Memasang GSC (Google Search Console) dan melakukan verifikasi

3. Melakukan submit sitemap.xml sebagai upaya untuk memerintahkan system mengindeks website kita

Dalam ilmu SEO terdapat dua jenis SEO, yaitu SEO On Page dan Off Page. Secara garis besar SEO On Page adalah Teknik optimasi dari internal blog, sedangkan SEO Off Page adalah teknik optimasi dari eksternal blog.


Belajar SEO On Page untuk Pemula

Di tulisan ini saya merangkum secara garis besar poin-poin penting tentang parameter SEO on page untuk pemula yang saya peroleh di kelas gratis SEO yang saya ikuti di awal Desember 2021. 

Yang saya tangkap SEO on page berkaitan dengan beberapa hal seperti :

1. Letak keyword yang tepat.

Selain meletakkan keyword di awal judul, dan terdapat di permalink. Sebaiknya letakkan keyword di 150 karakter  paragraph awal. Hal ini sangat penting agar bot dari mesin pencari bisa mengenal dengan baik keywords yang kita targetkan, sehingga postingan kita akan mendapatkan posisi prioritas di hasil pencarian Google. 

2. Jumlah huruf (karakter) di judul dan permalink.

Pastikan jumlah huruf di judul adalah 55 karakter. Dan jumlah huruf di permalink tak lebih dari 75 karakter. Apa itu permalink? 

Permalink adalah singkatan dari permanent link alias URL yang mengarah pada suatu catatan blog atau forum tertentu setelah melewati halaman depan ke arsip. 

Kenapa ada batas maksimal karakter? Tujuannya adalah supaya keseluruhan judul terbaca dengan utuh, kalo lebih maka akan tampil dalam bentuk titik-titik (judul terpotong). 

Dengan kata lain, judul itu adalah inti dari sebuah artikel. Sehingga dengan membaca judulnya saja kita sudah bisa dapat gambaran dari isi sebuah artikel. Maka dalam hal ini kita harus pandai mengolah kata.

3. Ukuran image foto yang digunakan.

Saya sendiri baru ngeh kalo ukuran image berpengaruh pada performa blog. Karena size image yang terlalu besar dapat berpengaruh pada loading web (menjadi lambat). Jadi pastikan besar file image yang kita unggah (upload)  maksimum di 100kb, atau kalau bisa dibawah 50kb. 

4. Adanya internal link yang relevan.

Internal link wajib ada dalam sebuah artikel. Kenapa? karena google crawling akan merayapi internal link yang ada dalam sebuah artikel. Tidak adanya internal link dapat berpotensi munculnya bounce rate (pantulan).

Bounce rate adalah persentase jumlah pengguna yang mengunjungi website dan memutuskan untuk pergi tanpa membuka halaman kedua. 

Meski terkesan buruk, bounce rate sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi dengan catatan persentasenya tidak mencapai 70% ke atas.

5. Pentingnya membagikan tulisan kita di media sosial.

Mungkin terlihat sepele, tapi membagikan tulisan kita di media sosial merupakan social signal. Karena media sosial merupakan salah satu cara efektif untuk memperkenalkan informasi mengenai produk dan brand kita.

6. Gunakan strip (-) pada kata kunci di nama image (-). 

Misal kata kunci : Kelas Gratis BRT. Kasih nama gambar: Kelas-Gratis-BRT.jpg. Lakukan ini ketika kita akan menyimpan gambar di laptop.

7. Gunakan LSI (Latent Semantic Indexing) keyword. 

Saat ini LSI keyword ini lebih disenangi oleh Google, biasanya digunakan agar keyword tidak spamming/ keyword stuffing

Contoh : keyword : Soeharto. LSI-nya Presiden ke 1, Ayah dari Mba Tutut, Istrinya ibu Tien, Mantan Pangkostrad dan lain sebagainya

Selain itu SEO on page ini juga berkaitan dengan penataan heading dan sub heading blog.

Ada H1, H2 dan H3 (urut). H1 hanya boleh ada 1 di tiap page dan adanya di paling atas.. komposisinya heading yang baik adalah h1, h2,h3,h3,h3,h2,h3,h3 jangan h2,h1,h3,h3 atau h1,h3,h2,h4

tampilan heading blogspot untuk seo on page
Contoh tampilan heading dan sub heading di platform Blogspot


Tips SEO on page tersebut saya peroleh dari Mas Punto founder BRT Network yang menjadi salah seorang mentor di kelas SEO gratis.

Selain mas Punto yang juga akrab disapa dengan panggilan mas Pewe, total ada 6 orang mentor yang berbaik hati dan sabar membimbing kita yaitu Mba Monica, Mas Priyo, Mas Zen, Kak Gilang dan Mba Marita.

Kesan saya terhadap para mentor, Kak Monica dan Mas Pewe cenderung tegas, mas Priyo dan mas Zen cenderung santai. Sedangkan mba Marita dan kak Gilang yang paling sabar.

Dan dari merekalah saya mendapatkan banyak ilmu bermanfaat seputar optimasi blog termasuk  ilmu SEO dasar ini. 

Kelas Gratis SEO ini diselenggarakan oleh komunitas Blogger Ruang Tunggu (BRT) melalui WAG dan diikuti oleh sekitar 90 peserta.

Dan hanya peserta yang memenuhi syarat yang bisa mengikuti kelas gratis SEO tersebut. Syarat utamanya yaitu sudah memiliki blog berdomain (blog berbayar) dengan jumlah artikel minimal tiga buah.


Suka Duka Ikut Kelas SEO Gratis

Saya pernah membaca tulisan salah seorang teman blogger yang menyebutkan bahwa jangan ikut kelas gratisan kalo tidak ingin 'tersiksa'. Dan setelah merasakannya sendiri saya baru ngeh apa arti dari kalimat tersebut hehe.

Dalam arti kelas gratis versi BRT ya. Soalnya kelasnya tergolong ‘istimewa’. Seluruh peserta ditantang untuk aktif, tak malu untuk bertanya pada para mentor, dan harus mau praktek.

Semua peserta dipacu untuk terus belajar karena tugas para mentor adalah membimbing.

Oya sebenarnya ini bukan kelas gratis pertama dari komunitas BRT yang saya ikuti, saya sengaja ikut kelas ini kembali karena saya membuat blog baru. Saya ingin mengoptimasi blog kedua saya ini.

Berdasarkan pengalaman pertama ikut kelas belajar seo untuk pemula bareng komunitas blogger yang berbasis di Tangerang ini cukup membuat saya ketar-ketir. 

Tapi jujur saya mendapatkan banyak hal bermanfaat yang bisa dipelajari dari ikut kelas belajar SEO ini. Cenderung seru sih sebenarnya.

Dan dua orang teman saya yang juga menjadi peserta di kelas SEO gratis ini juga merasakan pengalaman yang hampir sama dengan saya.

Menurut mba Ika (pemilik blogimsusanti.com"Kelasnya asyik, nge-push siapapun dari kita untuk bisa nyelesein masalah blog kita sendiri. Trus antar anggota di kelas bisa saling bantu menyelesaikan masalah blog yang lain".

Kalo mba mba Nunung (pemilik blog fadevmother.com) "Meski ini bukan kelas SEO pertama yang saya ikuti. Tapi disini saya belajar banyak. Step demi step dan yang paling penting disini dituntut untuk langsung praktekin . Kalau gak kelar tugas di-kick. Jadi emang jadi semangaat dan ada keinginan harus bisa soalnya takut dikick. Hahaha".

"Mentornya enak enak . Baik tapi tegas  . Jadi kita harus disiplin. Gak ada ceritanya momfriendly di kelas. Bisa ayo....gak bisa silakan mundur. Tapi jadi semangat sih. Cuma PR nya nih menerapkannya di dalam artikel".

Ya di kelas SEO yang tidak dipungut bayaran sepeser pun ini tidak berlaku sistem teori semata, semua peserta diarahkan untuk langsung praktek, dan hasil praktek tersebut akan langsung dievaluasi. 

Apabila belum berhasil menyelesaikan tugas, maka berlaku sistem kick alias out. Duh jangan sampe deh. Kan sayang banget tuh dapet ilmunya cuma setengah atau bahkan seperempat.

Para peserta juga diharapkan bisa saling bekerjasama. Saling bantu untuk mencapai hasil yang dituju.


Kesimpulan 

Sebenarnya  masih banyak poin-poin tentang SEO on page yang berhubungan dengan optimasi blog. Seperti jumlah kata pada artikel sebaiknya lebih banyak daripada kompetitor. 

Cek kompetitor bisa dengan cara mengetikkan "All in title" - perintah di pencarian Google : allintitle : (judul atau keyword). Lalu ambil sample minimal 5 atau lebih, cek kompetitor menggunakan berapa kata. Misal kompetitor rata rata menggunakan 1500 kata, artinya kita tidak boleh kurang dari 1500 kata, jadi kalo bisa lebih.

Paragraf tidak perlu panjang. Keterbacaan baik, bahasa kerennya readable. 1 paragraf cukup dengan 3 atau 4 baris saja. 

Selalu ada kesimpulan/konklusi. Membiasakan ada kesimpulan di akhir artikel, karena banyak praktisi SEO yang menerapkan ini pada artikel.

Rutinlah untuk meng-upgrade pengetahuan kita melalui berbagai cara dan salah satunya yaitu dengan mengikuti workshop yang berkaitan dengan kegiatan tulis menulis.

Yang pasti baik kelas gratis ataupun kelas berbayar, hasil yang kita peroleh akan tergantung pada niat dan kerja keras kita dalam menimba ilmu.

Tak ada kata terlambat untuk belajar selama kita punya keinginan untuk maju. Yang saya tahu mayoritas peserta yang ikut kelas gratis SEO bareng BRT adalah ibu-ibu dan bahkan memiliki anak yang masih balita.

Tak dimungkiri banyak ibu rumah tangga yang berprofesi sebagai freelance blogger dan bisa mendapatkan penghasilan dari menulis di dunia maya.

Lumayan khan kalo bisa bantu suami nambah uang cicilan buat beli rumah.

Walaupun faktanya dunia blogging memang tak sesimple menulis artikel dan kemudian mempublishnya di blog.

Dibutuhkan kemauan dan pengetahuan agar kita bisa terus berkembang dan bertahan. Yap blogging itu membutuhkan konsistensi.

Btw karena kelas SEO gratis ini akan berlangsung hingga akhir Desember, doakan semoga saya tetap bisa mengikuti kelasnya ya, supaya ada tulisan selanjutnya yang akan membahas tema lainnya seputar SEO off page

seo on page adalah







Related Posts

Post a Comment